Sejarah Batik Malaysia

Sejarah Batik Malaysia Asal-usul produksi batik di Malaysia tidak mudah untuk melacak. Banyak yang mengatakan bahwa batik Malaysia pertama kali diperkenalkan oleh orang Jawa. Hal ini dapat dilihat dengan jelas sebagai awal batik Malaysia sangat dipengaruhi dengan desain Jawa terinspirasi. Ada sumber yang mengklaim bahwa tahap awal Batik Malaysia dimulai dengan penggunaan blok kayu (dengan motif ukiran di atasnya) yang kemudian cincang beberapa kali ke kain untuk membentuk pola. Teknik ini juga dikenal sebagai 'chop batik'. Pada tahun 1920-an, para pembuat batik Jawa memperkenalkan penggunaan lilin dan tembaga blok di Pantai Timur.



Produksi tangan batik tulis di Malaysia relatif baru. Dikenal sebagai 'batik tulis', produksi komersial dimulai pada tahun 1960-an. Ini adalah metode tangan bebas dari gambar apapun artis menginspirasi - seperti menggambar pada selembar kertas putih, satunya perbedaan adalah bahwa ini adalah pada kain. Selama bertahun-tahun, kerajinan ini telah mengembangkan estetika sendiri tertentu dan desain, khas Malaysia. Motif ditarik oleh pengrajin Malaysia termasuk nilai-nilai Islam dimana motif hewan yang dilarang. Ini masih sangat banyak dipraktekkan di negara-negara Timur Pesisir dari Terengganu dan Kelantan di mana batik masih sangat menonjol. Namun, beberapa seniman dari Kuala Lumpur beradaptasi konsep berpikiran lebih terbuka dengan motif kupu-kupu, yang dengan cara sekarang sudah seperti simbol untuk Batik Malaysia.

Perbedaan besar lain di gambar batik dari batik Indonesia dan Batik Malaysia adalah bahwa motif Batik Malaysia cenderung lebih besar dan dengan cara kurang halus. Namun, masih memiliki keindahan tersendiri dengan caranya sendiri. Karena itu, metode handrawn batik juga sangat berbeda, dengan artis Malaysia cenderung menyebarkan kain lebar sebelum menarik di atasnya. Orang Indonesia di sisi lain bisa duduk di bangku untuk menggambar menggunakan tangan mereka sebagai basis.

Dalam beberapa tahun terakhir, Batik Malaysia telah menjadi sangat banyak kebebasan berekspresi atau dengan cara sebuah karya seni di mana hanya memainkan warna dan garis-garis geometris yang digunakan. Hari ini, di Malaysia, Batik Malaysia dikombinasikan dengan busana memberikan batik kehidupan baru. Hal ini umum untuk melihat fashion show di mana model parade gaun batik yang indah. Terlepas dari pertunjukan catwalk, Batik masih gaun formal yang politisi gunakan untuk fajar di fungsi. Ini dengan cara membuat batik sangat hidup. Namun, Batik Malaysia tampaknya hanya mencapai orang-orang KL elit, sebagai jangkauan batik untuk masyarakat umum masih sangat kecil, dengan banyak yang tidak benar-benar tahu perbedaan antara 'kebaya' dress dan batik. Dan untuk mereka, batik masih sangat tradisional, dan tidak modern maka berpantang diri dari itu.

Komentar